Pabrik & Distributor Plastik Pertanian

Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Plastik LDPE, dll.


Untuk pemesanan produk hubungi kami:
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tahapan Lengkap Budidaya Hidroponik Paprika dalam Greenhouse

Tahapan Lengkap Budidaya Hidroponik Paprika dalam Greenhouse - Hallo sahabat Pabrik & Distributor Plastik Pertanian, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tahapan Lengkap Budidaya Hidroponik Paprika dalam Greenhouse, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Distributor Plastik UV (Ultra Violet) Greenhouse 6% dan 14%, Artikel Fungsi / Manfaat Plastik UV, Artikel Jual plastik UV di Surabaya dan Sidoarjo, Artikel Plastik UV Greenhouse, Artikel Plastik UV Import, Artikel Plastik UV Lokal, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tahapan Lengkap Budidaya Hidroponik Paprika dalam Greenhouse
link : Tahapan Lengkap Budidaya Hidroponik Paprika dalam Greenhouse

Baca juga


Tahapan Lengkap Budidaya Hidroponik Paprika dalam Greenhouse

Jual Plastik UV Import & Lokal Bahan Berkualitas - Lim Corporation

Faktor terpenting sebelum mengawali usaha budidaya paprika metode hidroponik yaitu persiapan nursery, persemaian, pemilihan varietas, penanaman, pengendalian penyakit, pemupukan, panen dan pasca panen, pemasaran serta yang lainnya.

PERSEMAIAN
Seperti komoditas yang lainnya, tanaman paprika dengan sistem hidroponik pun mengerjakan pembibitan terlebih dulu. Tahap pembibitan awal ini saat budidaya sangat penting karena akan menentukan berhasil tidaknya tanaman saat produksi.

A. Persiapan
Alat dan bahan yang harus disiapkan yaitu Nursery, tray semai, benih paprika, media semai, thermometer dan hygrometer, pinset, lemari semai serta alat semprot.

B. Faktor yang Mempengaruhi
Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam pembibitan yaitu kualitas benih, jenis media yang dipakai, suhu dan kelembaban, intensitas cahaya dan teknis pembibitan.

C. Teknis Pembibitan
  • Pertama benih harus direndam dengan air hangat ± 30 menit, sembari menunggu Anda bisa menyiapkan media semai yang akan dipakai.
  • Basahi media dengan air bersih dan pastikan basahnya merata dan biarkan sesaat supaya air siraman yang berlebih menetes.
  • Buatlah lubang kecil pada rockwool-Grodan (jika memakai Rockwool) atau garitan kecil yang saling berpotongan pada Sekam (bila memakai sekam bakar) jadi membentuk bujur sangkar dengan jarak ± 2cm.
  • Tempatkan benih satu persatu di setiap lubang dengan posisi titik tumbuh menghadap kebawah ± 0,5cm memakai pinset, jika semua benih sudah disemai kemudian tutup dengan plastik mulsa.
  • Benih tersebut ditempatkan di lemari semai, selama di lemari semai suhu optimal 20ºC-25ºC dengan RH 70%-90%. Suhu dan RH bisa diatur dengan cara memasang lampu bila suhu rendah dan jika kelembaban rendah semprotkan air ke dalam lemari semai dengan memakai hand sprayer.
  • Benih akan berkecambah dalam waktu ± 7 hari, plastik mulsa dibuka kemudian bibit dipindahkan ke tempat yang terkena sinar dengan tetap menjaga suhu dan kelembaban.
  • Bibit dengan koteledon tumbuh sempurna, dipindahkan ke polybag 15cm x 15cm yang sudah dibasahi dengan larutan nutrisi dengan EC 1,5 mS/Cm dan pH 5.5.
  • Pemeliharaan dipersemaian meliputi penyiraman 1-2 kali 1 hari tergantung cuaca, fase pertumbuhan bibit, dan media yang dipakai, pengendalian hama dan penyakit selama di nursery dan yang paling penting yaitu atur kembali jarak tanam agar daun tanaman tak saling menutupi.
  • Bibit siap ditanam ke greenhouse produksi jika umurnya ± 21 hari di polybag atau sudah memiliki daun ± 5 helai. 

PERSIAPAN TANAM DAN TRANSPLANTING
Sesudah bibit siap untuk dipindahkan ke greenhouse ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum penanaman:

A. Sanitasi Greenhouse
Proses ini yaitu kegiatan untuk membersihkan greenhouse dari rumput atau sisa tanaman lainnya, sampah dan benda lain yang tak diinginkan.

B. Sterilisasi Greenhouse
Proses sterilisasi dikerjakan fungsinya untuk membersihkan semua greenhouse dari mikroorganisme yang bisa merugikan tanaman. Ada berbagai bahan yang sering dipakai dalam sterilisasi yaitu lysol, formalin serta berbagai tipe pestisida, yang dalam pemakaiannya dikerjakan dengan cara disemprot.

Artikel Terkait:

C.  Persiapan Tanam
  • Sebelum media ditempatkan, terlebih dulu media dimasukkan kedalam polybag.
  • Jika memakai plastik slab, ukuran yang sering dipakai yaitu 100cm x 25cm dan bila memakai polybag, ukurannya 35cm x 40cm.
  • Media tanam yang umum dipakai yaitu sekam bakar, rockwool-grodan bisa juga cocopeat.
  • Pasangkan plastik mulsa di permukaan bedengan bisa juga dibawa slab/polybag supaya akar pohon tak masuk kedalam tanah.
  • Tatalah media tanam didalam greenhouse sesuai dengan jarak tanam yang diinginkan umumnya setiap bedengan ± 140cm dan antar pohon ± 50cm.
  • Buatlah celah tanam pada media yang dipakai untuk pemeliharaan di nursery.
  • Media dibasahi memakai larutan nutrisi dengan EC 1,5 dan pH 5,5 sampai basah.
  • Di celah tanam yang sudah disiapkan taburkan Furadan 3G ± 2 gram/lubang tanam untuk preventif kepada serangan Nematoda.
  • Kemudian bibit siap untuk ditanam ke greenhouse. Guntinglah perlahan bagian bawah polybag sebelum bibit dipindahkan pada celah tanam yang sudah disiapkan.
  • Antisipasi terjadinya kelebihan air siraman serta tumpukan garam dimedia, 1 hari sesudah penanaman buat celah drainase dibagian bawah slab/polybag.

PENYIRAMAN DAN PEMUPUKAN
Pemberian pupuk serta penyiraman dalam budidaya sistem hidroponik umumnya dikerjakan secara bersamaan. Teknik fertigasi bisa dikerjakan dengan manual bisa juga sistem pengairan tetes, tapi sebaiknya untuk fertigasi yaitu memakai sistem pengairan tetes yang berkualitas bagus dengan demikian fertigasi bisa merata dan menghemat saat menyiram pohon dalam jumlah yang banyak. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan:
* Kualitas air, harus bersih dan bebas dari penyakit.
* Kualitas nutrisi dengan komposisi hara harus sesuai dengan kebutuhan tanaman.
* Waktu, volume dan frekuensi fertigasi.
* Jenis tanaman dan media tanam yang dipakai.

TEKNIS FERTIGASI
  • Frekuensi dan volume siram harus disesuaikan dengan keadaan cuaca, tipe serta umur tanaman, fase pertumbuhan pohon serta tipe media yang dipakai. Cuaca mendung atau hujan volume serta frekuensi penyiraman dikurangi sebab efek kepada media berubah terlalu basah jadi akar tak bisa tumbuh dengan baik. Sebaliknya jika cuaca panas fertigasi harus sesering mungkin serta volumenya lebih banyak.
  • Perhatikan jumlah EC serta kualitas pH sebuah larutan sangat penting sebab akan menunjukkan banyak atau sedikit unsur hara yang ada bagi tanaman.
  • Tingkat kepekatan yang diberikan untuk pohon harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Keasaman di media yang baik tak lebih dari 5,2 sebab dengan tingkat pH tersebut semua unsur hara yang ada didalam air atau media bisa diserap oleh tanaman.
  • Ada faktor yang tak kalah pentingnya yaitu pencatatan tentang waktu siram, volume siram, EC/pH in, EC/pH out, suhu, RH serta kondisi cuaca. Tujuan dari data tersebut yaitu bisa menolong dalam mengambil keputusan untuk merubah atau tak sistem yang sudah berjalan sebelumnya.

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT
Pengamatan pada serangan hama dan penyakit sangatlah penting, pengalaman dari berbagai petani terbaru ada berbagai penyakit yang sering menyerang seperti: Thrips, mites, aphids, leaf miners, ulat, virus, layu fusarium, layu bakteri, powdery meldew, bercak daun, penyakit fisiologis dan lainnya.

Pencegahan dan Pengendalian Bisa Dikerjakan Dengan Cara:
  • Yang pertama dengan menjaga kebersihan, membuang sisa tanaman/gulma jauh dari lokasi greenhouse.
  • Sterilisasi greenhouse ini harus dikerjakan setiap awal musim tanam atau sebelum tanam dimulai.
  • Pasang bak disenfeksi kaki untuk mencegah masuknya larva hama dan patogen penyakit yang terbawa oleh alas kaki.
  • Memakai varietas yang resisten.
  • Untuk tanaman yang terserang penyakit segera masukkan ke karung plastik dan buang jauh dari lokasi greenhouse.
  • Cara biologis yaitu dengan memanfaatkan musuh alami, tapi cara ini di Indonesia masih jarang dipakai.
  • Dengan pestisida, cara ini akan menjadi bagus bila pemakaiannya benar dalam pemilihan jenis, konsentrasi dan volume semprot. Selain itu bisa memberi efek kurang baik jika dalam pemakaiannya salah.
  • Laksanakan pengendalian bersamaan dengan kebun disekitar supaya pengendalian hama dan penyakit bisa lebih efektif.
Plastik UV Greenhouse
* Info Lengkap Mengenai Harga Plastik UV Klik tautan berikut ini http://bit.ly/hargaplastikuv

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Plastik UV atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk greenhouse atau penjemuran atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
– Minimal order 3 roll
– Kandungan UV protektor 5%, jika minta kandungan UV diatas 5% akan dikenakan harga untuk kenaikan tiap 1% nya Rp 500,-/kg
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu


Demikianlah Artikel Tahapan Lengkap Budidaya Hidroponik Paprika dalam Greenhouse

Sekianlah artikel Tahapan Lengkap Budidaya Hidroponik Paprika dalam Greenhouse kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tahapan Lengkap Budidaya Hidroponik Paprika dalam Greenhouse dengan alamat link http://plastikpertanian99.blogspot.com/2019/03/tahapan-lengkap-budidaya-hidroponik.html

0 Response to "Tahapan Lengkap Budidaya Hidroponik Paprika dalam Greenhouse"

Posting Komentar