Pabrik & Distributor Plastik Pertanian

Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Plastik LDPE, dll.


Untuk pemesanan produk hubungi kami:
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips & Trik Sukses Budidaya Cabai Pada Lahan Gambut

Tips & Trik Sukses Budidaya Cabai Pada Lahan Gambut - Hallo sahabat Pabrik & Distributor Plastik Pertanian, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips & Trik Sukses Budidaya Cabai Pada Lahan Gambut, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Distributor Plastik UV (Ultra Violet) Greenhouse 6% dan 14%, Artikel Jaring Paranet, Artikel Karung Waring, Artikel Plastik Mulsa Hitam Perak, Artikel Plastik Polybag, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips & Trik Sukses Budidaya Cabai Pada Lahan Gambut
link : Tips & Trik Sukses Budidaya Cabai Pada Lahan Gambut

Baca juga


Tips & Trik Sukses Budidaya Cabai Pada Lahan Gambut


Cabai atau nama ilmiahnya Capsicum annum L yaitu salah satu tanaman yang dimanfaatkan untuk bumbu, dengan ciri khas rasa yang pedas cabai bisa menjadi penguat rasa masakan, sambal, pelengkap makanan dan lain-lainnya.

Tanaman cabe ini bisa tumbuh pada daerah dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 0-2000mdpl. Tak hanya itu, tanaman cabe juga bisa ditanam di daerah dengan tanah gambut. Tanah gambut sendiri terbentuk dari hasil pembusukan tak sempurna dari bahan organik seperti sisa tanaman. Pembusukan yang kurang sempurna tersebut disebabkan oleh tingginya kadar asam di area tersebut. Tanah gambut banyak ditemukan di daerah hutan yang tergenang seperti rawa-rawa.

Cara Menanam Cabe Merah Di Lahan Gambut, Antara Lain :

Persiapan Lahan Gambut

Langkah pertama yaitu bersihkan lahan dari gulma atau tanaman pengganngu lainnya yang ada di daerah sekitar lahan gambut yang akan dipakai untuk menanam cabe merah. Apabila kontur tanah tak rata atau ada air yang menggenang maka ratakan atau tinggikan terlebih dulu.

Sesudah itu laksanakan penetralan kadar pH tanah gambut dengan cara pengapuran dengan memakai kapur dolomit kemudian biarkan selama 1 minggu. Apabila sudah berada pada pH tanah yang ideal yaitu sekitar 5-7,5 maka bisa dilaksanakan proses selanjutnya yaitu pemupukan dasar.

Pemupukan dasar tersebut dilaksanakan dengan memakai pupuk organik berupa pupuk kandang, kemudian campurkan pupuk kandang dengan jerami, sekam dengan serbuk gergaji atau sisa sayuran.

Siapkan 1 liter EM4 dan 2-4kg pepaya atau buah yang lain dan juga 1-2ons gula. Cacah buah atau lebih baik dijadikan jus. Setelah dijus, larutkan gula dalam 1 ember air kemudian campurkan cacahan ataupun jus buah. Sesudah dicampur dengan rata, siramkan 1 liter EM4 kedalam larutan tersebut kemudian tutup dan diamkan selama sekitar 3 hari. Sesudah itu, siramkan secara merata pada campuran pupuk dan tutup pupuk memakai terpal dan diamkan sekitar 1-2 minggu atau semakin lama maka semakin baik.

Persiapan Bibit Cabe Merah

Langkah selanjutnya siapkan benih cabe merah tetapi sebaiknya membeli di toko pertanian, kemudian rendam benih cabe tersebut dalam air selama 24 jam.

Sesudah itu, air dikuras kemudian benih dibuntal dengan kain basah dan disimpan sekitar 3-4 hari sampai berkecambah. Apabila benih sudah berkecambah, dengan segera lubangi tanah humus di bagian tengah pot yang sudah disediakan sekitar 2mm. Setelah itu masukkan benih ke dalam pot kemudian tutup dengan taburan pasir tipis. Kemudian, tutup box wadah pot dengan terpal sekitar 2 hari sampai benih tumbuh, apabila sudah tumbuh buka terpal tersebut. Sinarkan bibit cabe merah hanya dari pagi sampai pukul 10 siang kemudian teduhkan kembali dan mulai disinarkan lagi sesudah pukul 2 siang sampai sore hari.

Baca Juga :

Pemupukan Dasar Lahan Gambut

Sesudah 2 minggu maka pupuk bokashi sudah siap. Kemudian laksanakan pemupukan dasar dengan tambahan pupuk NPK 15-15-15 dan TSP-36.

Taburkan pupuk bokashi ke bedengan secara merata, kemudian taburkan juga NPK 15-15-15 dan TSP-36 secara merata pada bedengan. Kemudian campurkan tanah dalam bedengan tanah gambut dengan memakai cangkul.

Apabila sudah memasuki musim kemarau bisa diberi tambahan pupuk Urea ataupun ZA. Tetapi jangan dikerjakan apabila masih musim penghujan. Tutupilah kembali bedengan dengan bentuk yang baik kemudian berikan lapisan di bagian atas bedengan dengan memakai plastik mulsa.

Penanaman Benih Cabe Merah

Apabila bibit cabe merah sudah berumur sekitar 30 hari maka bibit tersebut sudah siap untuk dipindahkan ke bedengan tanah gambut.

Lubangi mulsa pada bedengan kemudian buat lubang tanam. Siapkan larutan kocor NPK + Insektisida cair kemudian kocorkan pada setiap lubang, tunggu sekitar 1 hari kemudian penanaman bibit bisa dimulai. Laksanakan penyemprotan bibit terlebih dulu sebelum ditanam. Laksanakan proses penanaman pada sore hari supaya tanaman tak layu diterik matahari, sesudah selesai penanaman, segera laksanakan proses penyiraman. Supaya tanaman cabe tak gampang roboh, pasangkan ajir.

Perawatan dan Pemeliharaan Tanaman Cabe di Lahan Gambut

Pengairan lahan tanam cabe bisa dilaksanakan minimal 7 hari 1 kali supaya bedengan tak terlalu kering. Laksanakan juga proses penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh di daerah sekitar tanaman.

Untuk mempercepat pertumbuhan tanaman sekaligus meningkatkan hasil panen nantinya, bisa Anda laksanakan proses pemupukan susulan dengan memakai pupuk NPK 16-16-16 dan pupuk organik cair. Pemupukan susulan yang pertama bisa dilaksanakan minimal 7 hari sesudah tanam dan selanjutnya dikerjakan dengan interval 7-10 hari. Pemupukan tersebut dilaksanakan dengan cara dikocor.

Apabila tanaman terserang hama atau penyakit segera laksanakan penanganan dengan memakai pestisida alami atau kimia dengan dosis yang dianjurkan.

Masa Panen Cabe Merah

Pemanenan cabe merah bisa dilaksanakan sesudah tanaman berumur sekitar 75 hari sesudah tanam. Panen cabe yang sudah berwarna merah dipohon, proses pemanenan yang selanjutnya bisa dilaksanakan setiap 5 hari 1 kali atau pada puncaknya 8-10 hari dan sesudah itu hasil panen menurun.


Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Plastik Untuk Pertanian atau untuk Budidaya atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564


Demikianlah Artikel Tips & Trik Sukses Budidaya Cabai Pada Lahan Gambut

Sekianlah artikel Tips & Trik Sukses Budidaya Cabai Pada Lahan Gambut kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips & Trik Sukses Budidaya Cabai Pada Lahan Gambut dengan alamat link http://plastikpertanian99.blogspot.com/2018/06/teknik-sukses-budidaya-cabai.html

0 Response to "Tips & Trik Sukses Budidaya Cabai Pada Lahan Gambut"

Posting Komentar