Pabrik & Distributor Plastik Pertanian

Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Plastik LDPE, dll.


Untuk pemesanan produk hubungi kami:
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Manfaat dan Cara Pemasangan Plastik UV Untuk Atap Greenhouse

Manfaat dan Cara Pemasangan Plastik UV Untuk Atap Greenhouse - Hallo sahabat Pabrik & Distributor Plastik Pertanian, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat dan Cara Pemasangan Plastik UV Untuk Atap Greenhouse, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Plastik UV (Ultra Violet), yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat dan Cara Pemasangan Plastik UV Untuk Atap Greenhouse
link : Manfaat dan Cara Pemasangan Plastik UV Untuk Atap Greenhouse

Baca juga


Manfaat dan Cara Pemasangan Plastik UV Untuk Atap Greenhouse

Plastik UV telah lama dikenal dalam manfaatnya sebagai atap greenhouse selain fiberglass dan kaca. Bahan kaca mempunyai kelebihan dari greenhouse dengan material lain. Kelebihannya adalah awet, tahan terhadap curah hujan dan sinar matahari, kuat dan bersifat permanen. Namun greenhouse kaca biayanya lebih mahal, maka penggunaanya juga terbatas misalnya untuk kegiatan penelitian.
Bahan plastik UV dan fiberglass sering digunakan untuk kepentingan komersial sebagai alternatif bahan kaca.  Karena materialnya yang murah namun dapat juga digunakan untuk melindungi tanaman yang terdapat di dalamnya dari faktor-faktor iklim. Dua jenis bahan inilah yang paling sering digunakan sebagai atap greenhouse.

Namun fiberglass juga harganya cukup mahal, sedangkan plastik UV lebih banyak digunakan karena harganya yang lebih murah. Sifatnya yang lentur, kuat, murah dan transparan membuat plastik UV banyak dipilih untuk menggantikan fiberglass atau kaca yang harganya lebih mahal.
Plastik UV berfungsi untuk menangkal sebagian cahaya matahari dan meneruskan sebagian lainnya masuk ke dalam greenhouse. Plastik UV dapat meneruskan cahaya matahari sekitar 80% untuk menjaga agar tanaman tetap dapat berfotosintesis dengan baik. Tanaman juga tidak akan menerima cahaya berlebih yang dapat mengakibatkan terbakarnya daun dan penguapan berlebih. Plastik UV juga dapat menghalau curah hujan ekstrim dan tiupan angin yang dapat merusak tanaman.

Namun manfaat ini juga perlu di dukung dengan teknik pemasangan plastik UV yang benar. Karena jika tidak, maka manfaat dari plastik UV dapat berkurang. Oleh karena itu, kali ini akan dibahas cara pemasangan plastik UV yang benar untuk atap greenhouse. Dan berikut ini adalah cara pemasangan plastik UV yang benar untuk atap greenhouse.

1. Pertama kita tentukan ukuran greenhouse yang akan dibangun. Ukuran ini akan menentukan lebar plastik UV yang dibutuhkan nantinya. Lebar standar untuk greenhouse komersil berdasarkan penelitian di Belanda adalah 3.2 m x 6.4 m x 9.6 m dan seterusnya. Ukuran ini dinilai efisien dari segi produktivitas tanaman dan kenyamanan kerja. Selain itu dengan ukuran tersebut, penggunaan greenhouse juga dapat bersifat fleksibel yaitu dapat digunakan untuk berbagai jenis tanaman, seperti tanaman buah, bunga ataupun sayuran.

2. Greenhouse sebaiknya dibangun menghadap ke arah Utara atau Selatan. Hal ini maksudnya agar bagian atap greenhouse menghadap tepat ke arah jalur perlintasan matahari yakni dari Timur ke Barat, sehingga mendapat penyinaran yang maksimal. Karena hal utama dari pembangunan greenhouse adalah harus mendapatkan sinar matahari yang cukup dari pagi sampai sore. Selain itu, atap greenhouse juga tidak boleh terhalang oleh bangunan, pohon, dan benda lain yang dapat menghalangi cahaya matahari.

# Baca juga Tren Gaya Hidup Sehat Bertanam Sayuran Organik

3. Alur pemasangan rangka atap harus diposisikan mengikuti alur aliran air hujan. Tidak boleh memotong atau tegak lurus arah tersebut. Ini dimaksudkan agar ketika plastik UV telah dipasang, tidak menghambat aliran air hujan dan akhirnya menumpuk membentuk kubangan di bagian atap. Kubangan air tersebut akan mengurangi masuknya cahaya matahari secara optimal karena terjadi pembiasan cahaya oleh air tersebut masuk ke dalam greenhouse. Plastik UV juga akan ditumbuhi lumut dan ditimbuni kotoran akibat proses biologis dan pengendapan air, sehingga juga dapat menghalangi masuknya cahaya matahari.

4. Sebaiknya alur pemasangan plastik UV adalah memanjang searah aliran air hujan. Karena apabila memotong aliran, maka air hujan akan masuk merembes lewat pertemuan antar plastik ke dalam greenhouse.

5. Plastik UV dapat dipasang dengan cara menjepit pertemuan atau ujung plastik menggunakan bambu, kayu, besi atau baja tergantung sesuaikan dengan bahan rangkanya. Daerah ujung dan pertemuan plastik ini sebaiknya dilipat terlebih dahulu membentuk pertemuan saling berkaitan antar ujung plastik sebelum dijepit rangka. Tujuannya adalah agar saling menutupi celah antar pertemuan agar air tidak merembes ke dalam greenhouse.

6. Rangka penjepit sebaiknya direkatkan dengan paku berpayung atau baut ber-ring. Bukan dengan kawat atau paku biasa. Selain sambungan lebih kuat menjepit, juga agar mudah dalam pelepasan kembali dan air tidak masuk melalui lubang paku tersebut. Penggunaan kawat atau paku biasa justru akan membuat lubang agar air mudah masuk ke greenhouse.

7. Plastik UV dipasang secara tegang, tidak kendor apalagi membentuk cekungan di tengah plastik. Karena jika terbentuk cekungan, itu juga akan membelokan arah datang matahari ke dalam greenhouse, sehingga penyinaran tidak akan optimal. Namun, jangan pula dipasang terlalu tegang karena plastik akan mudah rusak akibat proses pemuaian karena suhu tinggi atau pengkerutan akibat suhu rendah. Pasang plastik UV agar cukup tegang saja.

Nah cara-cara pemasangan plastik UV tersebut di atas akan membantu agar plastik UV memberikan manfaatnya dengan optimal bagi tanaman. Silahkan praktikan terhadap greenhouse Anda, tanaman pun akan tumbuh dengan sehat dan memberikan hasil yang baik.

Plastik UV Greenhouse Merk Vatan Istanbul Turki
Kami menyediakan plastik UV import VATAN Turkey Garansi 3 Tahun , ready stock lebar 3m, 4.2m, 6m dan 8m. Harga plastik UV silahkan klik DISINI. Info pemesanan plastik uv silahkan hubungi kami di nomor 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277.

CV. LIM CORPORATION distributor resmi plastik UV (ultraviolet) VATAN Istanbul Turkey. Plastik UV Vatan sangat cocok untuk greenhouse, dibuat dari bahan berkualitas tinggi, mengandung berbagai bahan additive untuk memaksimalkan fungsi greenhouse dan mengoptimalkan pertumbuhan tanaman, antara lain: UV (Ultraviolet ) Additive, IR (Infra Red) Additive, AB (Anti Bacerial) Additive, EVA (Ethylene Vinyl Acetate) Additive, LD (Light Diffused) Additive.

Untuk saat ini tersedia empat macam ukuran plastik UV Vatan, yakni:
• Plastik UV Vatan ukuran : 3m x 120m x 200mc, netto 73kg/roll
• Plastik UV Vatan ukuran : 4,2m x 55m x 200mc, netto 53kg/roll
• Plastik UV Vatan ukuran : 6m x 60m x 200mc, netto 73kg/roll
• Plastik UV Vatan ukuran : 8m x 45m x 200mc, netto 74kg/roll.







Demikianlah Artikel Manfaat dan Cara Pemasangan Plastik UV Untuk Atap Greenhouse

Sekianlah artikel Manfaat dan Cara Pemasangan Plastik UV Untuk Atap Greenhouse kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Manfaat dan Cara Pemasangan Plastik UV Untuk Atap Greenhouse dengan alamat link https://plastikpertanian99.blogspot.com/2017/04/manfaat-dan-cara-pemasangan-plastik-uv.html

0 Response to "Manfaat dan Cara Pemasangan Plastik UV Untuk Atap Greenhouse"

Posting Komentar